DuniaWirausaha.com - Wanita memang makhluk Tuhan yang senantiasa mendambakan keindahan. Tidak hanya menuntut keindahan lahiriah saja namun juga keindahan batiniah. Untuk menunjang keindahannya wanita sering membutuhkan aksesori yang akan meningkatkan kecantikan dan kharisma pribadinya sehingga mempertebal rasa percaya diri. Berbagai aksesori telah diciptakan namun kini muncul trend baru yaitu aksesori dari bahan sisa kain perca. Kain perca yang selama ini memang tidak mempunyai nilai ekonomi yang tinggi, namun dengan kreativitas akan dihasilkan benda yang memiliki nilai tidak hanya estetika namun juga nilai ekonomi yang tinggi pula.
Modal minim
Berwirausaha membuat aksesori dari kain perca memang tidak membutuhkan biaya yang mahal. Dari bahan dasarnya saja yang kain perca memang tidaklah mahal, namun selain kain perca perlu biaya untuk bahan lainnya yang berupa membeli pita, senar, benang wool, dsb. Membuat aksesori ini memang tidak membutuhkan mesin jahit, jadi investasi untuk pembelian mesin jahit yang relatif mahal tidak perlu dilakukan.

 



Modal yang lebih utama adalah kreativitas yang tinggi, ketekunan serta  ketrampilan tangan yang sangat dibutuhkan. Memang jam terbang dalam membuat aksesori hiasan ini akan meningkatkan ketrampilan tangan. Sedangkan untuk bagi anda yang belum berpengalaman menjahit namun sudah mempunyai kreasi yang bagus maka kegiatan pembuatan aksesori ini bisa diserahkan kepada pihak “maklon” yang nantinya akan menyelesaikannya sesuai dengan desain yang diberikan.
Karena kerajinan aksesori dari kain perca ini adalah diperuntukan bagi kaum hawa maka seringkali tren yang berkembang seringkali cepat berganti. Mengamati tren yang ada perlu dilakukan agar produk aksesori yang dihasilkan dapat diterima pasar dengan baik. Selain itu juga perlu menciptakan karakter yang khas dari kerajinan yang kita hasilkan agar konsumen dapat membedakan produk yang kita hasilkan. Kalau ingin lebih sukses lagi harus dapat menciptakan produk-produk aksesori yang tidak pasaran dan kesan yang muncul adalah kesan mewah atau bergengsi karena produk aksesori dari kain perca ini tidak semata-mata dinilai keindahan dari estetikanya saja namun juga dapat mengangkat citra diri dari pemakainya.

Agar produk kerajinan yang dihasilkan dapat menebarkan kesan mewah dan bergengsi maka perlu dikombinasikan dengan bahan lainnya seperti dipadu padankan dengan mutiara, batu, mute dan sebagainya. Dengan memadu padankan bahan-bahan tersebut maka aura dari perhiasan tersebut akan semakin kuat dan diminati oleh kaum hawa. Selain padu padan dengan bahan  lain yang memberi kesan bergengsi juga pemilihan bahan-bahan lainnya seperti tali-tali yang berwarna warni cerah serta teknik lilit dan mengikat simpul yang menarik.

Faktor kemasan juga berperan disini untuk mengangkat ciri khas yang dimiliki. Produk aksesori ini bisa dikemas dalam wadah karton yang bagus, dan dikemas dalam kertas atau tas yang menarik sehingga akan memperlengkap nilai jual dari produk aksesori tersebut.

Saat ini memang dunia online sudah menjadi ajang yang lumrah untuk digunakan sebagai ajang pemasaran berbagai produk termasuk juga untuk memasarkan produk aksesori dari kain perca tersebut. Banyak platform software CMS (content management system) yang bisa digunakan baik wordpress, joomla, drupal atau yang lainnya. Atau bagi anda yang masih kurang modal atau pengetahuan, dengan bekal belajar yang tidak terlampau dalam bisa mengunakan penyedia blogging yang gratis baik blogspot, wordpress, multiply dan sebagainya.

Sebelum membeli seringkali konsumen harus mempunyai kepercayaan dulu dengan penjual produk tersebut. Dengan membangun milis misalnya akan meningkatkan pemahaman orang tentang aksesori kain perca tersebut dan ujung-ujungnya anda akan mendapatkan calon konsumen potensial atau akan mendapatkan sumber bahan baku yang mungkin lebih beragam atau dengan harga yang lebih murah.



Pameran baik lokal, nasional atau bahkan kalau mampu internasional perlu disambangi karena pada pameran tidak hanya konsumen retail saja yang datang namun juga konsumen besar yang ikut hadir, jadi peran pameran untuk menjaring konsumen akan lebih baik. Event-event pameran kerajina memang banyak, termasuk dengan berbagai nama pameran dan penyelenggaranya. Event-event pameran seperti indocraft, inacraft, gebyar batik perlu dipertimbangkan karena akan menunjang pemasaran yang lebih baik.

Jasa maklon dan tempat kursus :
Studio manik shop (kursus dan maklon)
Jl. Kaji no 51 Jakpus
Tlp 021 – 709 13833

My Unique Beads (kursus dan maklon)
Gria Astika Jl Lamandau No IV No 16-18 Barito Jaksel
Jl Raya Pondok Kelapa Blok C8 No 25 Jaktim
Tlp: 0818 087 26 727

The Beads
Jl Pondok Hijau I/33
Pondok Indah Jakarta Selatan
Tlp : 021 – 765 2159

Penjual bahan baku kain perca :
UD Octopus
Jl Krendang Selatan No 34 Rt 03/07 Jakbar
Tlp : 021 935 81 324

UD Jaya
Jl Krendang Brt No 178 Jakbar
Tlp : 021 – 6254435

Waluyo
Jl. Krendang Brt No 5 Jakbar
Tlp : 021 - 916 98 766

Sumber : Tabloid Peluang Usaha


0 comments:

Post a Comment

Terima kasih telah meninggalkan pesan di blog ini. Semoga informasi di web ini dapat bermanfaat.

 
Top