Saat ini kesadaran masyarakat untuk mengikuti cara hidup yang lebih sehat sudah mulai terlihat, salah satu hal yang nampak adalah ditunjukkan dengan tren konsumsi air minum siap saji yang tanpa bahan tambahan apapun. Dahulu orang lebih memilih minuman bersoda untuk menghilangkan dahaga khususnya dalam bepergian. Namun sekarang sudah berbeda jauh, masyarakat lebih senang mengkonsumsi air biasa dibandingkan minuman soda. Dahulu untuk konsumsi air minum untuk rumah tangga, orang memasak air terlebih dahulu sebelum untuk kebutuhan minum. Namun kini kebiasaan tersebut mulai bergeser dengan langsung mengkonsumsi air minum dalam kemasan.

Berubahnya kebiasaan tersebut dikarenakan selain sumber air bersih yang semakin langka dan tercemar juga ada perubahan karena tidak mau repot memasak air terlebih dahulu disamping harga bahan bakar untuk memasak juga semakin mahal. Saat ini permintaan untuk kebutuhan konsumsi air minum dalam kemasan (AMDK) sudah melampaui 15 milyar liter pertahun dengan pertumbuhan 10 – 15 pertahunnya.



Oleh sebab itu tidaklah mengherankan banyak orang yang kemudian mencari peluang wirausaha dengan berjualan sebagai agen atau pengecer komoditas air minum dalam kemasan. Diperumahan atau diperkampungan makin menjamur saja toko penjual air minum siap saji dalam kemasan ini. Hal ini menandakan bahwa pasar untuk produk ini memang semakin besar pertumbuhan permintaannya.

Keagenan Air Minum
Untuk ber wirausaha air minum dalam kemasan (AMDK), anda bisa bertindak sebagai agen atau pengecer. Margin keuntungan sebagai pengecer lebih besar dibandingkan dengan agen yaitu sekitar 20 %. Namun meskipun margin lebih kecil, agen akan mendapatkan profit yang tidak kecil pula karena perkiraan omset penjualan yang tinggi akan mendapatkan profit yang besar pula.



Sebagai pengecer juga tidak membutuhkan dana modal yang besar dengan duit kurang dari sejuta rupiah, bisnis eceran AMDK sudah dapat anda mulai. Semisal anda menginginkan sebagai pedagang eceran AMDK merk Aqua, dengan pembelian minimal 25 botol galon dengan modal pergalon  adalah Rp 30 ribu, maka dengan modal awal Rp. 750 ribu anda sudah dapat memulai usaha dalam wirausaha distrbusi AMDK. Dengan harga beli untuk pengecer sekitar Rp 10 ribu, 1 galon AMDK tersebut dapat dijual dengan harga Rp. 12 ribu (margin 20 %).  Merk AMDK sangatlah banyak selain Aqua ada Oasis, Club, Vit dan sebagainya. Untuk harga memang Aqua yang paling mahal dibandingkan produk AMDK lainnya, namun brand Aqua memang lebih kuta dibandingkan para pesaingnya. Jadi terserah anda mau memilih AMDK yang mana, namun untuk perlu anda perhatikan lebih teliti mengenai ketentuan sebagai distributor (agen – pengecer) AMDK karena adakalanya hak keagenan/pengecer bersifat ekslusif tidak memperkenankan menjual AMDK dari merk lainnya.

Secara umum persyaratan untuk menjadi distributor air minum dalam kemasan adalah sebagai berikut :

1.       Domisili dengan ditunjukkan adanya KTP, NPWP/SIUPP
2.       Lokasi usaha (dapat dilewati kendaraan pengiriman barang)
3.       Tempat penyimpanan
4.       Telpon (PSTN)
5.       Sarana kantor sederhana (meja, kursi, komputer dsb)
6.       Pegawai sebagai delivery boy
7.       Kendaraan delivery

Informasi pendaftaran sebagai distributor :
-          PT. Tirta Investama (Aqua Danone)
Gd Cyber 2 Lt 12
Jl H. Rasuna Said Blok X-5 No 13 Jaksel
Tlp: 021 - 29961000

-          PT. Santa Rosa (Oasis)
Jl KH Mansyur No 34, Jakbar
Tlp: 021 - 78844789
-         
            PT. Tirta Tama Bahagia
Jl RE Martadinata No 9 Cimanggis – Ciputat
Tangerang Selatan
Tlp: 021 – 740 4820

-         
CV. Rindu Alam Indah
Jl Maritim No 1 Cilandak Jaksel
Tlp: 021 – 7169060



Sumber : Tabloid Peluang Usaha
Sumber gbr : http://smallconomic.wordpress.com/2010/01/31/air-mineral-dalam-botol-itugratis/

8 comments:

  1. didunia begitu banyak mata air tapi yg punya kekuatan penyembuhan hanya sedikit. misal air ZAMZAM diArab Saudi, air LOURDES di Perancis. Air PAMA diChina, Air KAHURIPAN diIndonesia. didesa pancawati cikretek-ciawi,bogor. tel.0251-8249394. 08118888950 bisa dibuktikan bila anda menaruk sebatang rokok diatas kemasan glas,botol,galon maka dalam waktu 10menit nikotin rokok menjadi hambar. bila minum air kahuripan bau mulut rokok hilang, sariawan/panas dalam sembuh.kencing manis, jantung,tekanan darah tinggi normal, asam urat, pegal2 sembuh.silahkan buka web.airkahuripan.co.id. ada demo vidio youtube. kini mencari agen2. atau hub kantor pusat jl.cidengtimur 1/7 masuk dari cidengtimut no.39 jakarta pusat. santoso

    ReplyDelete
  2. air minum yg baik bukan hanya menghilangkan haus. tapi bisa menyembuhkan. yg diakibatkan kandungan mineral yg sangat bedah. alami.seperti AIR ZAMZAM diArab Saudi, AIR LOURDES diPerancis,AIR PAMA diChina. AIR KAHURIPAN diIndonesia. silakan buka web.airkahuripan.co.id. ada vidio yourcube. 0251-8249394 08118888950 mencari agen.hub santoso terima kasih.

    ReplyDelete
  3. apakah anda tahu ada mata air yg bagus yg mempunyai kekuatan penyembuhan? didunia begitu banyak mata air tapi kenaapa hanya sedikit yg mempunyai kekuatan penyembuhan? seperti air ZAMZAM diArab Saudi, air LOURDES diPerancis, air PAMA diChina, air KAHURIPAN diIndonesia.. nama julukan diberikan karena ada riwayat sejarahnya. orang yg sakit minum air tsb jadi sembuh.maka oleh pendahulu orang Sunda diberikan nama sumber mata air KAHURIPAN/kehidupan. dan kini pertama dikemas oleh PT Aquasiairindo dikaki gunung Pangrango desa pancawati,cikreteg,ciawi. kini rame wisatawan datang.karena bila wisata kepuncak macet dan kena peraturan satu arah.lokasi dekat pintu tol ciawi arah raya sukabumi lewatin pasar ciawi perhatikan pom bensin yg kedua sebelah kiri ada indomaret,alfa belok kiri masuk banyak vila2 kira2 10kilo meter akan menemukan sumber mata air yg bagus itu. untuk memudakan orang2 mendapatkan air itu kini pertama dikemas didalam gelas,botol,galon. bila sebatang rokok diletakan diatasnya dalam 10menit nikotin menjadi hambar. ada bio energy. silakan dibuktikan merk AQSI & KAHURIPAN. mencari agen2 distributor tuk penyebaran kemasyarakat.www.airkahuripan. 0251-8249394, 085772222723-082113362599 email:aquasiairindo@yahoo,com

    ReplyDelete
  4. CV. Surya Nedika Isabella merupakan produsen AMDK (Air Mineral Dalam Kemasan) mempunyai pabrik di Madiun - Jawa Timur dan Kuningan - Jawa Barat, memproduksi ASMI, EFATA, ARTA dalam bentuk gelas dan botol.

    Kami memberikan harga bersaing& program berjenjang

    Marketing Area

    Hp. 082128452345
    Email. suryanedikaisabella@gmail.com

    ReplyDelete
  5. klw boleh tau untuk harga yg gelas/dus brp,dan minimum order brp,ni no sy 089652888199/jos_zunendar@yahoo.com

    ReplyDelete
  6. kami produsen minuman lidah buaya kemasan cup dgn merk ozera.kami mencari distributor untuk memasarkan produk kami.jika tertarik silakan contac no hp 08129333683 dgn pak hendra

    ReplyDelete
  7. Bagi agan2 yg nyari distributor untuk daerah kepulauan Riau.. call/wa me 081277526509

    ReplyDelete
  8. supplier air bersih dari gunung salak untuk JABODETABEK. silahkan cek http://tirtarosana.blogspot.co.id/

    ReplyDelete

Terima kasih telah meninggalkan pesan di blog ini. Semoga informasi di web ini dapat bermanfaat.

 
Top