Gbr: kaoslarismanis.wordpress.com
DuniaWirausaha.com - Berbicara tentang bisnis kaos atau kaos oblong memang tidak akan pernah ada matinya. Tema dalam kaos baik dalam tulisan atau grafik seringkali mencerminkan tema/isu yang lagi berkembang di masyarakat saat itu. Oleh karenanya peminat kaos tidak akan pernah surut tidak ingin disebut ketinggalan jaman. Melengkapi artikel sebelumnya yang mengulas usaha kaos tematik, kali ini mari kita bahas tentang pemanfaatan mesin sablon digital atau direct to garment (DTG) dan sejauh mana keuntungan dan kekurangannya.






Wirausaha/buka usaha sablon kaos memang tidak perlu membutuhkan skill sablon terlalu rumit dalam proses pengerjaannya. Teknik sablon memang umumnya mengenal cara manual dan digital. Cara sablon digital juga sebelumnya sudah relatif lama dikenal. Teknik sablon digital ini masih menggunakan kertas khusus dari hasil print out printer yang kemudian dengan bantuan alat hot press untuk mencetak gambar kedalam kaos. Namun perkembangan teknologi semakin berkembang dengan munculnya mesin printer yang langsung bisa mencetak gambar/sablon langsung ke badan kaos, oleh karenanya mesin ini disebut direct to garment (DTG). 

Mesin textile printer (DTG) yang saat ini berkembang menyempurnakan teknik sebelumnya. Teknik sablon digital saat ini sudah tidak menggunakan kertas transfer jadi kaos langsung dicetak dengan printer baru kemudian mesin heat press menyempurnakan penempelan gambar pada kaos. Mesin jenis ini dipasaran ada yang bermerk (branded) dan ada pula rakitan. Mesin sablon DTG branded dibanderol pada harga puluhan hingga ratusan juta sehingga sulit dijangkau oleh pengusaha sablon pada umumnya, kemudian dirakitlah oleh produsen lokal mesin DTG yang mempunyai fungsi sama namun dengan harga lebih bersahabat. Satu mesin sablon DTG rakitan meski jauh lebih murah tetapi tidak bisa dikatakan sangat murah karena masih harus merogoh kocek agak dalam, harganya berkisar antara 5 hingga 50 jutaan. Mesin sablon DTG rakitan ini dengan menggabungkan antara printer (epson) dengan rangkaian plat untuk meletakkan kaos untuk siap diprint. 

Mesin sablon DTG ini dibuat dalam dua varian yaitu mesin dengan tinta putih dan mesin non tinta putih. Penggunaan tinta warna putih ini diperlukan karena latar belakang/bahan kaos yang berwarna gelap, namun sebaliknya untuk bahan kaos yang berwarna putih tidak perlu mencetaknya dengan mesin sablon DTG yang dilengkapi dengan tinta warna putih. 

Nah, kita sampai kepada keuntungan dan kekurangan dari mesin sablon sablon DTG . Untuk keunggulannya adalah mesin ini dapat mencetak gambar dengan tingkat kerumitan yang tinggi seperti gambar wajah orang, dapat menerima pesanan/mencetak kaos dengan satuan lebih kecil/eceran, proses pencetakan gambar/sablon lebih simpel, bisa menerima order dengan deadline yang mepet, dengan mesin sablon DTG ini dapat menekan inventori khususnya produk jadi.

Selain keuntungan mesin sablon DTG ini mempunyai kelemahan yang harus juga jadi bahan pertimbangan, diantaranya adalah biaya investasinya relatih mahal, kemampuan cetak dengan jenis tinta yang terbatas (hanya bisa dengan tinta tekstil saja) sedangkan sablon manual tersedia banyak pilihan tintanya (rubber, poliester, super wet, plastisol dsb), memakan waktu yang lebih lama dibandingkan sablon manual, khususnya mesin sablon DTG rakitan mudah macet sehingga akan merusak kualitas hasil kaos sablon, kualitas hasil sablon yang masih kalah dibandingkan sablon manual. 

Mesin sablon DTG ini meski masih terdapat kekurangannya namun para wirausaha sablon yang sudah berkecimpung dalam industri sablon kaos tetap merasa perlu memiliki mesin ini karena untuk memenuhi order partai kecil/eceran serta untuk mengejar pesanan dengan tenggat waktu yang mepet. Oleh karena untuk memaksimalkan pesanan selain untuk menutup BEP investasi pembelian mesin sablon DTG, para pengusaha sablon ini menerima jasa maklon alias terima pesanan untuk dijual kembali (reseller). Bahkan beberapa wirausaha yang kreatif sudah mendesain gambar sebelumnya sehingga pembeli/reseller tinggal memesan model-model kaos yang diinginkan. 



Dengan semakin maraknya internet sebagai media komunikasi menjadikannya sebagai medium yang tepat pula sebagai media penjualan kaos sablon yang tematik dan unik karena hampir mayoritas pembelinya adalah generasi yang sudah melek teknologi khususnya internet. Kebanyakan wirausaha kaos sablon saat ini menggunakan internet untuk memperluas pemasaran produknya. Mau coba jadi wirausaha sablon kaos dengan menggunakan mesin DTG ??......monggo. Salam Wirausaha.




Info penyedia alat dan perlengkapan sablon:
Halmin
Mall Ambasador Lt 1 No 24
Jl. Prof. Dr. Satrio Kuningan
Jaksel
021-5762960

Samudra Printama
Jl Kertajaya 7G No 3 Surabaya
Jatim
031-5014521

PT Primelite Indonesia
Jl Kelapa Puan Timur IV, Blok NB 4 No 9
Kelapa Gading – Jakarta Utara
021 97007678
Web: primeliteindonesia.com


14 comments:

  1. artikelnya sangat menarik
    saya tertarik ingin membuka usaha cetak kaos
    boleh saya tau berapa harga mesin cetaknya???

    terima kasih

    ReplyDelete
  2. Coba hubungi alamat yg tertera pada bagian bawah artikel.

    Salam Wirausaha

    ReplyDelete
  3. Tertarik Sekali saya bikin usaha percetakan... tapi sayangnya modal belum cukup..

    ReplyDelete
  4. INFO yang anda layangakan sangat tepat bagi pengguna seperti saya (akhia-arts) yang bergerak di bidang cetak dan sablon...... tulislah yang lebih banyak lagi agar semua yang membutuhkan dapat tercukupi informasinya

    dan akhirnya dapat menjadi wirausaha yang dapat meringankan beban pengangguran negri ini.... trimakasih bung....!!!!!

    ReplyDelete
  5. Asoy...! ane suka skali artikel ini. mdh2an ada rejeki buat beli mesinnya, saat ini ane cuma jadi reseller sablon satuan....

    ReplyDelete
  6. sablon keramik sama sablon baju itu beda apa sama pak?

    ReplyDelete
  7. Replies
    1. Om admin klu modal 14 jt bisa gak bk usaha sablon dtg

      Delete
    2. Om admin klu modal 14 jt bisa gak bk usaha sablon dtg

      Delete
  8. Hati hati dengan bisnis Sablon Kaos DTG ini gan. Apalagi memulainya didaerah yang SDM nya kurang bagus.

    ReplyDelete
  9. Walau bagaimanapun seperti yang sudah dijelaskan masing masing memiliki kelemaham dan kelebihannya. Maka untuk itu saya sarankan untuk memulainya sesuai kemampuan budget dan skill.
    Salam....

    ReplyDelete
  10. Pengen buka usaha sablon ah,,,cm bisa gak ya dgn cm modal 14 jt?

    ReplyDelete
  11. http://www.hygmatic.com menerima jasa print sablon digital dan menjual kaos polos harga grosir dan berkualitas loh..

    ReplyDelete
  12. http://www.hygmatic.com menerima jasa sablon digital yang berkualitas dan menjual kaos polos dengan harga grosiran yang murah banget :)

    ReplyDelete

Terima kasih telah meninggalkan pesan di blog ini. Semoga informasi di web ini dapat bermanfaat.

 
Top