Sbr gbr : styleandthensome.wordpress.com
DuniaWirausaha.com - Anda tentu pernah merasakan betapa tersiksanya berdekatan dengan orang yang BB bukan bla**be**y...lho) alias bau badan menyengat. Mau terus disitu enggak tahan tapi bagaimana memberitahu kalau sudah tidak tahan menahan bau tersebut. Oleh karenanya saat ini semua orang sadar kalau badan yang wangi adalah kebutuhan semua orang dan semua golongan. Tidak mau dong orang sebelah merasa terganggu karena bau badan yang tidak enak dan membuat tidak nyaman orang lain. Apalagi bagi kawula yang lagi PDKT atau dimabuk cintrong alias kasmaran, tentu sangat royal minyak wangi bahkan bau mulut saja diberi pengharum....hehehe. Dahulu bagi kalangan berduit membeli parfum minyak wangi yang harganya ratusan hingga jutaan rupiah tidak menjadi masalah, tapi apa daya kaum menengah kebawah termasuk kaum mahasiswa kalau lagi ngapel dengan kemampuan yang terbatas terpaksa membeli parfum yang murahan. Sekali semprot baunya tetangga se RT langsung tercium karena campuran kadar alkohol yang tinggi.



Tapi itu dulu, kini banyak penjual minyak wangi yang harganya terjangkau dengan kualitas yang jauh lebih bagus termasuk minyak wangi / parfum refill. Kenapa disebut refill karena konsumen tidak menuntut merk alias bukan hal yang utama sehingga mengisi ulang parfum kedalam wadah botol parfum bekas tidak menjadi masalah. Parfum refill disini yang penting best value product, harga parfum per rupiah memberikan nilai tambah tertinggi. Karena sadar bahwa wangi adalah kebutuhan semua orang maka tidak ada salahnya bahwa wirausaha minyak wangi/parfum refill adalah peluang usaha yang pantas untuk digeluti dan masih terbuka kesempatannya. 

Faktor utama konsumen memilih minyak wangi/parfum refill adalah karena harganya yang murah dan terjangkau bagi kebanyakan orang. Kalau dibandingkan parfum branded tentu harganya jauh dibawahnya. Oleh karenanya kunci sukses berwirausaha parfum refill ini adalah tetap menjaga harga jual yang terjangkau namun tetap menjaga kualitas yang pantas. Ada kalanya pedagang parfum refill ini yang nakal untuk mencari keuntungan yang besar dengan meramu bibit parfum dengan bahan pengencer yang tidak seharusnya misalnya mencampur bibit parfum dengan minyak goreng sehingga akan meninggalkan noda pada pakaian. Kejujuran adalah faktor utama agar konsumen tidak merasa tertipu dan kapok berbelanja. 

Keuntungan dari usaha parfum refill ini terletak pada kemampuan meracik campuran antara bibit parfum dengan bahan pencampur (biasanya menggunakan alkohol). Terdapat beberapa tingkatan kelas dalam kualitas hasil racikan. Pembedaan kualitas ini adalah perbedaan komposisi antara bibit parfum dengan alkohol. Karena komposisi yang berbeda maka akan dihasilkan hasil racikan parfum refill dengan aroma dan ketahanan aroma bau wangi yang berbeda pula. Disini dikenal parfum dengan kualitas biasa, bagus dan super. Parfum berkualitas biasa dengan ketahanan bau wangi sekitar 12 jam, sedangkan kualitas bagus bisa tahan selama 24 jam. Komposisi antara bibit parfum dengan alkohol pada umumnya antara 40:60 hingga 50:50. Sedangkan jenis alkohol yang digunakan adalah alkohol absolute atau alkohol 96 super. 

Untuk lebih memanjakan konsumen biasanya disediakan berbagai macam aroma parfum. Agar bisa disebut lengkap dalam berwirausaha parfum refill ini mesti disediakan minimal 200 jenis aroma. Namun jika anda masih terkendala dengan dana yang terbatas bisa saja memilih menjadi pedagang pengecer parfum. Sebagai pengecer modal investasinya lebih cekak. Dengan hanya membeli satu bibit minyak wangi 100 ml seharga Rp 55.000 – 180.000 bisa diracik ditambah dengan alkohol dan aqua denate bisa menjadi parfum refill yang dijual eceran seharga 1 jutaan rupiah. Jadi keuntungannya berwirausaha parfum refill ini berlipat-lipat namun sangat disarankan untuk tetap jujur tidak memberi campuran terlalu banyak agar konsumen semakin bertambah.

Untungnya lagi berwirausaha parfum refill ini adalah para penjual bibit parfum ini juga sudah mengemas paket-paket afiliasi termasuk marketing kit seperti cara meracik parfum, info produk, strategi pemasaran dan pembuatan banner yang sudah mencetak toko parfum anda. Perlu diketahui pula selain menyediakan parfum refill usaha ini juga perlu menyediakan wadah atau botol parfum branded meskipun barang second, karena seringkali ada konsumen yang meminta mengisi parfum yang dibeli kedalam botol parfum bermerk sehingga seolah-olah asli.



Segmen konsumen parfum refill ini adalah luas oleh karenanya bisa dipasarkan dari mall hingga perumahan. Bisa pula dipasarkan dengan menyewa kios disekitar kampus karena mahasiswa juga menyenangi parfum hemat ini. Kawasan industri juga tidak ada salahnya karena toh para pekerja pabrik ingin tetap wangi setelah selesai bekerja. Bisnis parfum refill ini akan senantiasa prospektif karena setiap waktu akan muncul aroma-aroma baru yang akan menjadi trendsetter sehingga akan senantiasa dinamis. Tugas pelaku usaha ini adalah senantiasa mengupdate selera konsumen yang menjadi trend. Dan yang menarik dari usaha ini adalah keuntungan usaha yang berlipat-lipat, modal minimal untung maksimal. Salam Wirausaha



Referensi usaha :

Duta Parfum 
Jl KS Tubun Raya no 61 Jakpus
021-53679573

Yunus Setya Budi
ITC BSD LT UG Trafolator
Tangerang
0812 13118137

Bibit parfum
Sales & Support
Jl. Beringin No. 8b Tangerang - Banten - Indonesia
Email : info@bibitparfum.com atau bibitparfum1@yahoo.com
HP. 0856 9136 8741 Fax 021 - 55654599

1 comments:

  1. bibit parfum untuk daerah surabaya apa ada infonya,terima kasih

    ReplyDelete

Terima kasih telah meninggalkan pesan di blog ini. Semoga informasi di web ini dapat bermanfaat.

 
Top