DuniaWirausaha.com - Namanya Sugar glider (Petaurus breviceps), hewan ini memang terlihat imut dan lucu. Bila dikeluarkan dari kandang, ia akan berlari-lari naik turun badan sang empunya dengan lincahnya. Hewan ini mengingatkan seperti seekor tupai terbang yang pandai meloncat dari satu tempat ke tempat lainnya. Dengan ukuran badan yang mungil maka tak mengherankan hewan kesayangan ini disebut pula sebagai 'pocket pets'. Asal muasal nama hewan ini mungkin karena kebiasaan dan kemampuannya, maka orang menggabungkan menjadi sebutan panggilan hewan ini. Dari namanya, sugar karena hewan ini suka akan makanan yang berasa manis dan glider - dengan selaput/membran kulit yang menghubungkan antar kakinya seolah menjadi sayap sehingga hewan ini bisa melayang dari satu tempat ketempat lain. 




Habitat asli Sugar glider berasal dari Indonesia Timur (Papua, Halmahera, Maluku Utara), Australia dan Tasmania. Meski salah satu spesies hewan ini berasal dari tanah air namun setelah populer di luar negeri baru kemudian berkembang peminatnya di dalam negeri. Banyak yang suka hewan peliharaan ini karena mudah dan tidak rewel pemeliharaannya. Hewan lucu ini disenangi tidak hanya anak-anak saja namun juga orang dewasa karena mudah akrab dengan manusia. Bahkan hewan ini bisa memiliki ikatan emosi yang kuat dengan majikannya layaknya anjing yang tahu mana majikannya atau bukan. Sugar glider termasuk hewan omnivora dengan memakan hewan serangga, kadal, burung,  biji tanaman, ataupun buah.  Hewan mungil ini termasuk hewan nocturnal dengan aktivitas hidup pada malam hari. Dan lucunya hewan ini memiliki kantong untuk memelihara bayinya sehingga masih digolongkan kerabat kanguru dan koala. 

Ditanah air peminat hewan ini semakin banyak. Dan, sebagai wadah komunikasi dan informasi maka muncul berbagai komunitas penyayang Sugar glider di berbagai daerah. Karena penggemar hewan ini semakin banyak maka permintaan akan hasil breeding Sugar glider semakin meninggi padahal breedernya belumlah terlalu banyak. Mumpung belum banyak yang membudidayakannya, peluang usaha untuk beternak Sugar glider menjadi opsi usaha yang menguntungkan. Harga jual hasil breeding yang masih berkisar ratusan ribu hingga jutaan rupiah bisa membuat ngiler untuk ikutan terjun beternak sugar glider. Sebagai breeder Sugar glider tidak butuh modal besar. Dengan modal awal 3 pasang indukan bisa mulai beternak hewan ini. Pemeliharaannya tidak rumit karena jarang terserang penyakit dan pakannya juga tidak rewel. Kandang pemeliharaannya yang bisa menggunakan kandang hamster atau kandang burung dari kawat besi sehingga hemat ruangan.  

Untuk memulai beternak Sugar glider perlu menentukan jenis yang akan dikembang biakkan. Varian Sugar glider cukup banyak namun di Indonesia varian Sugar glider biasanya jenis grey (abu-abu), lion (coklat), cinnamon (kemerah-merahan). Sedangkan warna bulu Sugar glider yang mengalami mutasi (morf)  banyak jenisnya diantaranya mocca, butter cream hingga albino dengan warna bulu putih. Para penggemar banyak yang memelihara Sugar glider dari jenis grey karena harganya yang terjangkau, namun untuk jenis albino bisa berharga jutaan rupiah. Penempatan kandang sebaiknya tidak pada tempat yang terpapar sinar matahari karena hewan ini termasuk hewan malam yang tidak suka sinar terang. Bahkan bila sering terkena sinar matahari bisa beresiko terkena katarak mata. Kandang sebaiknya senantiasa dijaga kebersihan dengan sering membersihkan dan menjaga tidak lembab karena akan mengganggu kesehatan hewan. Alas kandang sebaiknya diberi kapas/tisu atau daun kering agar nyaman dan bisa menyerap kotoran hewan. Dan jangan lupa dalam kandang diberi tempat pakan dan minumnya.   
Dalam memilih calon indukan harus memenuhi syarat seperti sehat dengan ciri bentuk tubuh sempurna tidak cacat, lincah, nafsu makan bagus, mata jernih, bulu halus tidak rontok. Umur calon induk sebaiknya berumur diatas 10 bulan. Sedangkan jenis kelamin induk betina dan jantan bisa dibedakan dengan melihat adanya puting dan kantung bagi indukan betina. Indukan sebaiknya dipilih bukan saudara sedarah (inbreeding) karena akan menghasilkan keturunan yang lemah genetik. Indukan bisa dibeli dari breeder yang terpercaya. 

Penjodohan indukan dilakukan dengan memasukan calon pejantan dan betina dalam kandang. Pasangan yang cocok akan saling memadu kasih. Setelah kawin, induk betina akan melewati masa bunting sekitar 16 hari. Menjelang melahirkan induk betina lebih suka menyendiri. Bila sudah melahirkan anakan, kantung induk Sugar glider akan terlihat basah dan menggelembung. Anakan tersebut akan berdiam dalam kantung induknya selama kurang lebih 2 bulan dan hanya mengkonsumsi susu dari induknya. Anakan Sugar glider (joey) setelah berumur 2-3 bulan bisa disapih. Setelah memasuki masa sapih ini anakan Sugar glider sudah dapat dijual. Induk betina Sugar glider dapat melahirkan 1-3 anakan dalam sekali melahirkan. Dalam setahun seorang induk dapat melahirkan hingga 3 kali. 

Salah satu kendala dalam budidaya Sugar glider adalah menjaga agar hewan ini tidak stres. Stres bisa muncul karena dipelihara secara sliter padahal dialam bebas hewan ini termasuk hewan komunal yang hidup berkelompok. Jamur pada kulit hewan bisa muncul karena kandang yang tidak bersih atau terlalu lembab. Untuk menyembuhkan jamur bisa digunakan menggunakan obat anti jamur yang biasa digunakan oleh manusia. 

Anakan hasil ternakan ini bisa dijual dengan menitipkan ke pet shops atau menjual langsung kepada penghobi atau penyayang hewan. Jualan melalui forum online alias internet juga oke karena permintaan hewan yang lagi ngetren ini bisa  berasal dari luar pulau Jawa. Selamat Wirausaha.




Penyedia Sugar glider dan asesorisnya:

 

SMS 0878-8986-8484

PIN BB 235E545D

Website: jualsugarglider.net

 


Sugar glider Indonesia
SMS: 0818331389
pin BB: 2a680d4a
info@SugarGliderIndonesia.com
www.SugarGliderIndonesia.com

sbr gbr : critterhub.com



1 comments:

  1. Pengganti jangkrik hidup untuk makanan tambahan sugar glider. Higienis, mudah dicerna dan telah teruji kandungan nutrisinya.

    Klik link dibawah ini untuk detailnya
    Pengganti jangkrik hidup untuk makanan tambahan sugar glider

    ReplyDelete

Terima kasih telah meninggalkan pesan di blog ini. Semoga informasi di web ini dapat bermanfaat.

 
Top