DuniaWirausaha.com – Siapa tak kenal teh ? Teh adalah minuman yang sudah mendunia. Konon, minuman teh berasal dari negeri Tiongkok (China) tepatnya dari daerah Yunnan. Minuman teh adalah seduhan air panas dengan daun/batang daun tanaman Camellia Sinensis. Seduhan minuman ini memang menyehatkan tubuh karena mengandung berbagai elemen yang dibutuhkan tubuh agar sehat, misalnya kafein alami, antioksidan, teofilin, dll. Karena memiliki segudang manfaat selain nikmat, minuman berkhasiat ini kemudian melanglang buana. Kini, teh berkembang dalam berbagai variasi bentuk. Setiap negara memiliki selera dan tradisi yang tidak sama dalam menyeduh ataupun mengkonsumsi teh. Inggris misalnya, masyarakat Inggris sudah terbiasa minum teh dicampur dengan sedikit susu dan irisan roti mentega saat tea time.  Masyarakat Jepang lain lagi, disana orang terbiasa mengkonsumsi ocha. Ocha adalah semacam teh hijau yang tidak diberi tambahan zat apapun termasuk gula. Ocha mudah ditemukan dimana-mana termasuk di convenion stores (kombini), warung makan, vending machines,  dsb.  Berbeda lagi dengan Indonesia, masyarakat kita terbiasa minum teh  melati yaitu daun teh ditambah aroma bunga melati. Karena beriklim tropis, selain dinikmati dalam kondisi hangat, teh lebih sering diminum dalam kondisi dingin.  





Kini teh disuka oleh tua dan muda. Baik orang tua maupun anak anak suka. Bahkan orang yang memiliki penyakit generatif juga tidak berpantang minum teh bahkan dianjurkan minum teh untuk menjaga kesehatan tubuh. Minuman teh juga tidak mengenal strata ekonomi baik orang kaya atau orang biasa, semua suka.  Karena banyak yang suka maka banyak pelaku usaha yang menawarkan minuman teh sebagai produk jualannya. Bahkan banyak perusahaan besar memproduksi minuman teh dalam kemasan dalam berbagai rasa. 

Meski minuman teh dalam kemasan sudah banyak tersedia dipasar, peluang usaha minuman teh tetap masih terbuka. Apalagi kita bisa mengkreasikan minuman teh dalam aneka rasa dalam konsep booth (gerobak). Teh dalam kemasan/botol selain dalam rasa yang konvensional juga masih terbatas dalam beberapa varian saja seperti teh rasa buah, lemon, susu bahkan teh rasa sparkling dsb. Namun kita masih bisa mengisi ceruk rasa yang belum tersedia dipasar dengan menambahkan rasa buah lainnya yang belum tersedia seperti rasa mango/mangga, melon, kiwi, banana/pisang, blueberry, lychee, almond, apple, grape/anggur, ginger/jahe dan masih banyak rasa buah lainnya.  Dalam mengkreasikan formula rasa teh bisa melakukan eksperimen sendiri sehingga akan semakin banyak menemukan varian rasa dan komposisi yang pas. 

Membuat teh dengan aneka rasa buah cukup mudah tidak beda dengan membuat teh seperti pada umumnya namun hanya diberi essence/sirup rasa buah tertentu. Rasa buah bisa pula diperoleh dengan cara melakukan ekstrak buah sendiri yaitu dengan memblendernya. Atau bila anda masih malas melakukan ekstraksi rasa buah, sudah banyak penyedia essence rasa buah dalam bentuk bubuk ataupun dalam bentuk cairan. Penyedia peluang usaha (business opportunity) teh dengan aneka rasa sudah banyak, tinggal goggling saja akan banyak ketemu siapa saja penyedianya.

Peralatan yang dibutuhkan adalah peralatan usaha dan gerobak/meja/lemari display sajian. Peralatan dan bahan untuk membuat teh aneka rasa bisa menggunakan peralatan dapur sederhana seperti termos es besar, centong adukan, toples untuk eseence/rasa, gelas plastik, sedotan, gula cair, essence/serbuk rasa (mangga, jambu,  leci, apel, anggur, sirsak, dll). Bila modal terbatas untuk membeli booth/gerobak yang semi permanen dan berbahan alumunium yang relatif mahal. Tempat dagangan teh dengan aneka rasa ini bisa menggunakan meja yang diberi alas rapih namun agar konsumen paham terkait jualan yang disediakan perlu diberi banner yang menginformasikan terkait produk yang kita jual. 

Buka usaha gerai (booth) minuman teh dengan aneka rasa bisa dilakukan dimana saja asal banyak orang yang lewat khususnya anak-anak yang suka minuman dingin dengan berbagai variasi rasa. Membuka usaha ini bisa di sekolah, puskesmas, emper minimarket, pusat perbelanjaan bahkan didepan rumah sendiri juga oke. Agar pelanggan tetap setia perlu menjaga kebersihan bahan baku dan peralatan usaha agar tetap terlihat higienis. Selamat Wirausaha.

Info penyedia teh aneka rasa :
Teh Green Canyon
Waka-Waka Group
Jl. Masjid AL Mubarok No.19C
Seskoal Cipulir, Kebayoran Lama
Jakarta Selatan Indonesia.

Telephone : (021) 70432639 | 92092700
BlackBerry : 26A226D3
WhatsApp : 085250263639
HandPhone : 087878801919 | 085890963639 | 085250263639 | 085245199909 | 081286939909

Facebook : Franchise Centre Waka Waka
Twitter : @WakaWaka_Centre
Website : http://www.wakawakagroup.com


Yudi
0812-8998341/021-83320308
Jl.Inpres 9 Kel.Larangan Kec. Ciledug-Tangerang
(Depan Travel Bluestar Samping Pool Metromini)

Berkatea
Jl. WR Supratman No.70 Pondok Ranji, Ciputat, Tangerang, Banten
Telp. 081806000666 dan (021) 32773638





Sbr gbr: resepresepkreasikita.blogspot.com

 


 

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih telah meninggalkan pesan di blog ini. Semoga informasi di web ini dapat bermanfaat.

 
Top